Bahaya Kebodohan Dalam Islam

Bahaya Kebodohan Dalam Islam – Tidak ada di dunia ini manusia yang ingin memiliki otak yang bodoh.Bahkan dalam agama Islam, kebodohan adalah salah satu hal yang sangat dibenci oleh Nabi Muhammad SAW. Sebenarnya banyak perkara lain yang juga tidak disukai oleh Rasulullah seperti contohnya saja penyakit hati.

Namun kebodohan adalah hal yang dibenci bukan tanpa alasan, dan Anda tentunya perlu faham akan bahaya kebodohan dalam Islam ini. Sifat bodoh ini sangatlah disukai oleh iblis dan setan, karena orang yang bodoh akan mudah untuk dihasut dan memilih jalan yang salah

Bahaya Kebodohan Dalam Islam Yang Harus Diketahui Seorang Muslim

Tentu saja, tidak semua umat Islam akan mengalami bahaya kebodohan dalam Islam. Anda akan terhindar dari kebodohan jika selalu rajin dalam menyerap segala ilmu yang positif, serta selalu melakukan aktivitas dan kebaikan berdasarkan ajaran Islam yang tepat. Berikut ini adalah lima kebodohan yang tentu akan berbahaya dan wajib Anda hindari:

1. Tidak bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk

 

bahaya kebodohan

 

Hal ini menjadi bahaya pertama yang akan dialami oleh Anda yang minim ilmu pengetahuan. Tidak hanya pengetahuan tentang agama Islam, namun segala ilmu yang ada di bumi sebisa mungkin harus Anda ketahui dengan membaca atau mencari referensi yang memberikan ilmu lebih bagi Anda. Apa bahaya yang mungkin terjadi untuk Anda yang minim ilmu?

Anda tidak akan dapat memilah mana hal yang baik untuk Anda dan mana yang buruk. Apabila Anda tidak memiliki ilmunya, maka hanya hasrat yang akan menuntun Anda memilih jalan yang hasilnya belum tentu baik untuk Anda.

2. Orang bodoh pikirannya sempit

Ini merupakan bahaya kebodohan dalam Islam yang harus sangat Anda hindari. Dahulu mungkin mendapatkan ilmu adalah hal yang sulit, namun sekarang di tengah terbukanya komunikasi dan teknologi, pikiran sempit seharusnya sudah dapat Anda hindari.

Seseorang dapat pintar bukan karena bakat dari lahir, namun karena adanya kemauan. Hal tersebut sudah menjelaskan bahwa apabila Anda masih memiliki fikiran sempit, maka karena kemauan dari diri Anda harus segera dibangun sebelum terlambat.

3. Banyak bicara dan sedikit amal

bahaya kebodohan dalam agama islam

Terdapat peribahasa jika ‘tong yang kosong akan nyaring bunyinya’ yang memberikan makna jika orang yang terlalu banyak bicara menunjukkan ilmu yang ada di dalamnya dirinya adalah nol. Semakin banyak ilmu yang ada di dalam diri Anda, maka akan membuat Anda menjadi seseorang yang semakin bijaksana dalam bicara dan melakukan kebaikan di setiap aktivitasnya.

4. Sulit menerima kebenaran

Bahaya kebodohan dalam Islam ini biasanya terjadi untuk Anda yang tidak ingin disalahkan dan tetap berpegang teguh pada pendapat Anda meskipun tidak memiliki dasar yang tepat. Apabila yang disebutkan oleh seseorang tersebut buruk, mungkin akan menjadi keuntungan jika Anda tidak menerimanya.

Namun bagaimana jika ternyata teman dekat Anda memberikan berita kebenaran meskipun menyakitkan? Anda tentunya harus memiliki ilmu yang luas agar dapat memilah hal-hal semacam ini.

5. Mudah dipengaruhi

Inilah bahaya yang biasanya digunakan oleh setan atau iblis untuk menyesatkan umat Islam. Sekali lagi, bahaya kebodohan dalam Islam ini terjadi karena ketidaktahuan Anda akan suatu fenomena. Anda hanya melihat siapa yang mengatakan dan bagaimana cara orang tersebut menyampaikannya kepada Anda tanpa melihat isinya. Anda akan mudah untuk diyakinkan, dan hal tersebut bukan hal yang baik untuk Anda.

By: https://diarymuslim.net

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.