4 Cara Merawat Kucing Kampung agar Cepat Gemuk

CARA MERAWAT KUCING KAMPUNG – Kucing kampung yang tumbuh gemuk dan sehat merupakan prestasi tersendiri bagi pemilik kucing mana pun. Para pemilik kucing tersebut pasti tahu betul cara merawat kucing kampung dengan benar. Gemuk yang sehat tidak pernah sampai pada masalah obesitas.

cara merawat kucing kampung
pixabay.com

Sayangnya, tidak semua orang tahu caranya. Meskipun kucing kampung, kalau dirawat betul-betul tidak kalah dengan kucing premium mana pun. Bahkan justru bisa tampil lebih baik. Inilah hal-hal yang harus Anda lakukan saat merawat kucing kampung.

1. Memahami Mood Kucing

cara merawat kucing kampung
pixabay.com

Sama seperti manusia, kucing pun memiliki mood yang baik dan mood yang buruk. Semuanya bisa dikenali lewat tanda-tanda yang ia tampakkan lewat bahasa tubuh. Ketika kucing dalam keadaan mood kurang bagus, tentu selera makannya bisa turun.

Bagaimana caranya mendeteksi mood baik pada kucing kampung? Coba goda kucing Anda dengan mainan atau hal-hal yang disukainya. Misalnya dengan menggunakan tali. Kalau mood-nya tengah bagus, pasti dia akan tertarik mengejar dan bermain-main.

Kalau mood dia lagi buruk, jangankan tali, melihat Anda pun mungkin segan. Lebih suka menghabiskan waktu sendirian atau justru tidur seharian. Nah, ketika mood-nya lagi bagus, beri tambahan pada porsinya. Asal tidak berlebihan biar tidak kena obesitas.

2. Berikan Dry Food

cara merawat kucing kampung
pixabay.com

Konsepnya hampir sama dengan ikan. Dry food atau makanan kering ini baru akan mengembang ketika sudah berada dalam perut. Tapi pastikan makanan kering yang Anda beli bebas pewarna dan terjamin kebersihannya.

Pastikan pula kandungannya agar ketika kucing Anda sudah gemuk tidak kena penyakit. Untuk membuatnya gemuk, kandungan yang harus ada harus protein. Cara merawat kucing kampung memang harus dilakukan betul-betul. Terutama kalau kucing Anda masih kecil.

Berapa kali memberi makan kucing dengan dry food? Waktu terbaiknya itu sekitar 2-3 kali dalam sepekan. Kalau bisa, tambahkan asupan lainnya berupa kuning telur untuk menggemukan badannya. Tapi jangan ambil putih telurnya.

3. Beri Vitamin Seperlunya

cara merawat kucing kampung
pixabay.com

Vitamin ini fungsinya untuk mendongkrak perkembangannya agar mencapai status kesehatan tertentu. Salah satu jenis vitamin yang bikin kucing Anda gemuk itu yang memiliki kandungan minyak ikan.

Bukan hanya untuk tubuhnya saja, bahkan bulu kucing pun bisa tampil lebih halus. Cara memberi vitamin ini ke tubuh kucing bukanlah lewat penyuntikan. Belum disuntik nanti kucing Anda malah lari. Caranya oleskan saja ke makanan kesukaannya.

Banyak tempat yang menjual vitamin ini di toko atau pet shop. Bisa juga degan pesan lewat online. Toh banyak yang menjual minyak ikan yang higenis. Tapi saran terbaiknya tentu beli lewat offline saja biar Anda bisa tanya-tanya langsung ke penjualnya.

4. Berikan Vaksin secara Berkala

cara merawat kucing kampung
pixabay.com

Untuk mendampingi kucing Anda tumbuh gemuk dan sehat, kehadiran vaksin sangat diperlukan. Pemberian vaksin ini tujuannya agar tubuh kucing di bagian dalam bisa kebal terhadap penyakit. Kalau toh tidak kebal, minimal bisa bertahan ketika penyakit datang.

Kucing gemuk yang sudah terinfeksi atau terserang penyakit itu bisa lebih merepotkan daripada kucing kurus. Apalagi kalau keadaan si kucing sudah mencapai tingkat selera makan yang tinggi. Padahal dalam masa pengobatan itu harus hati­-hati pemilihan makanannya.

Cara memberikan vaksin harus datang langsung ke dokter ahli. Paling tidak sebulan sekali. Kalau tidak sempat karena terlalu sibuk, bisa diwakilkan pada orang lain. Kesehatan kucing itu segala-galanya, baru membicarakan soal penampilan.

Kucing yang sehat selalu menyenangkan siapa pun. Apalagi kalau gemuk. Anak-anak saja suka. Tentu saja terapkan cara merawat kucing kampung yang benar agar daya tahan saat sudah menjadi kucing gemuk bisa awet. Syukur-syukur sampai dia tua.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.