Hal-Hal yang Menjadi Perhatian Penting Jika Memiliki Desain Dapur Terbuka

Desain Dapur Terbuka – Penempatan dapur di area semi terbuka bisa dimanfaatkan untuk Anda yang memiliki rumah dengan lahan terbatas atau Anda yang memiliki rumah jadi dari developer. Sebab, Anda mau tidak mau harus mengalah dengan desain yang sudah ditetapkan.

Karenanya, area terbuka di rumahlah yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang dapur. Desain dapur terbuka kini kerap menjadi alternatif pilihan. Selain itu, pemilihan penempatan dapur di area semi terbuka juga sangat baik dari sisi pencahayaan dan sirkulasi udara.

Memperluas Atap pada Desain Dapur Terbuka

Memperluas Atap pada Desain Dapur Terbuka

Dibandingkan dengan posisi dapur yang berada di dalam rumah, posisi dapur yang berada di ruang semi terbuka sebaiknya dibuat agak luas. Buatlah perpanjangan kanopi atau atap dapur agar ruangan dapur menjadi lebih lega dan luas.

Hal ini tentu saja untuk memfasilitasi kenyamanan Anda dalam melakukan berbagai aktivitas di dapur. Apalagi saat musim penghujan tiba, Anda harus siap-siap dengan risiko terkena basah dari air hujan. Untuk itu, pemanjangan kanopi atau perluasan area untuk desain dapur uang terbuka ini sangat diperlukan agar Anda terhindar dari tampias air hujan atau sinar matahari saat siang hari.

Selain itu, perangkat elektronik pun bisa lebih terjaga. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kerai bambu sebagai pelindung dari tampias. Kerai bambu juga dapat meminimalisir masuknya cahaya ke dalam ruang dapur. Dari segi estetika, kerai dapur juga bisa menjadi ornamen yang manis sebagai pemisah antara taman belakang dan dapur terbuka.

Interior dan Peralatan Desain Dapur Terbuka

Interior dan Peralatan Desain Dapur Terbuka

Untuk kenyamanan dalam setiap aktivitas Anda di dapur, buatlah meja pada desain dapur yang terbuka dengan sedikit meninggikan bagian yang tersentuh langsung dengan lantai. Hal ini untuk menghindari terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya jika terdapat air menggenang di taman belakang rumah akibat hujan.

Saluran yang mampat, biasanya akan membuat debit air yang menggenang membanjiri ruangan dapur terbuka. Karenanya, meja yang dibuat agak tinggi akan sangat membantu melindungi meja dan peralatan dapur. Ketinggian meja bisa Anda sesuaikan dengan tinggi orang dewasa.

Jangan lupa pula untuk selalu menempatkan peralatan dapur elektronik pada tempat yang sekiranya aman dari air. Simpan juga bahan makanan yang aman dari sinar matahari. Biasanya, beberapa bahan makanan jika terkena sinar matahari akan rusak kandungannya. Usahakan menaruh kulkas di tempat yang terlindung dari sinar matahari.

Pencahayaan Desain Dapur Terbuka

Pencahayaan Desain Dapur Terbuka

Salah satu yang cukup penting untuk diperhatikan dalam pembuatan desain dapur yang terbuka adalah pencahayaan. Sebab, meski di ruang terbuka cahaya banyak masuk, namun cahayanya belum tentu cukup. Apalagi jika ternyata posisi Anda berdiri untuk memasak membelakangi arah pancaran sinar matahari.

Sudah pasti sinarnya terhalang. Selain itu, pencahayaan tambahan pada dapur terbuka milik Anda juga bermanfaat untuk kenyamanan melakukan aktivitas yang butuh detail tinggi, seperti memotong bahan makanan atau menghias makanan.

Terlebih lagi, jika malam tiba area terbuka di belakang rumah sudah pasti gelap karena cahaya malam sungguh minim. Itulah mengapa pencahayaan pada dapur terbuka amat sangat penting diperhatikan.

Jika Anda memperhatikan beberapa hal penting tersebut, desain dapur terbuka bisa menjadi pilihan yang tepat dan aman. Apalagi jika diberi sentuhan tanaman hijau sebagai pemanis. Penempatan dapur semi terbuka ini biasanya berada di area lahan rumah bagian belakang.

Meski dapur terbuka sudah terlihat sempurna dengan pencahayaan dan sirkulasinya tersebut, perhatian pada detail juga penting untuk dilakukan.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.