Makanan Khas Semarang

Makanan Khas Semarang – Hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia memiki makanan khas yang begitu unik. Salah satunya adalah makanan khas dari Kota Semarang yang wajib Anda cicipi. Semarang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Selain sebagai tujuan wisata, kota ini juga sekaligus menjadi ibukota provinsi Jawa Tengah yang memiliki jumlah penduduk cukup banyak, yaitu mencapai angka 2 juta jiwa. Memiliki banyak penduduk, membuat kota Semarang banyak berinovasi soal kuliner. Urusan Kuliner, jangan pernah ragukan Kota Atlas.

Jika selama ini Anda kerap mendengar Lumpia sebagai makanan khas Semarang, rupanya masih ada banyak lagi makanan khas Kota Lumpia ini selain lumpia. Penasaran? Berikut ini akan kami ulas mengenai makanana favorit dan khas Semarang yang bisa Anda jadikan pilihan saat berkunjung ke Semarang.

Makanan Khas Semarang yang Tak Boleh Anda Lewatkan

1. Bandeng Presto

Bandeng Presto makanan khas semarang
banjarmasin.tribunnews.com

Siapa yang tak kenal makanan khas Semarang yang satu ini? Lidah orang Indonesia sudah tentu pernah menikmatinya. Bandeng presto merupakan makanan olahan yang berasal dari ikan jenis bandeng yang dimasak dengan cara di presto. Cara ini biasanya digunakan untuk melunakkan duri-duri pada ikan.

Presto sendiri merupakan suatu proses memasak menggunakan tekanan uap air tinggi yang dimasak menggunakan panci khusus. Panci ini dapat terkunci rapat, sehingga air tidak meluap dan menghasilkan ikan bandeng dengan duri lunak.

Sebelum dipresto, ikan bandeng terlebih dahulu dibumbui dengan berbagai macam bahan, seperti bawang putih dan merah, serta beberapa rempah. Anda dapat menikmatinya dengan nasi hangat bersama keluarga di rumah.

2. Garang Asam

Makanan khas Semarang yang satu ini mungkin belum banyak yang tahu. Garang asam merupakan olahan tradisional khas Semarang yang menggunakan bahan dasar ayam dengan kuah santan dan dilengkapi belimbing wuluh dan cabai.

Biasanya, ayam dan kuah santan dimasukkan terlebih dahulu ke dalam daun pisang sebelum dimasak, kemudian direkatkan dengan lidi. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung karena akan menghasilkan tekstur yang lebih lembut dibandingkan jenis ayam lainnya.

Untuk menikmati garang asam di rumah makan biasanya memang cukup mahal. Bukan karena bahan dasarnya menggunakan ayam kampung, melainkan proses pembuatannya yang cukup sulit. Salah-salah, hasilnya bisa menjadi opor ayam.

3. Tahu Gimbal

makanan khas semarang Tahu Gimbal
travelosta.com

Sesuai dengan namanya, makanan khas Semarang yang satu ini berisi tahu dan gimbal di dalamnya. Gimbal di sini maksudnya adalah udang yang diolah menggunakan lumuran tepung atau semacam bakwan udang.

Namun, bukan hanya tahu dan gimbal, makanan ini begitu spesial karena terdapat tambahan potongan lontong, serta dilengkapi pula dengan siraman kacang dan petis. Biasanya satu porsi tahu gimbal ditambahkan kerupuk sebagai pelengkap.

4. Soto Bangkong

Bagi Anda yang pernah atau bahkan sering ke Semarang, tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Semarang yang satu ini. Soto Bangkong adalah soto olahan yang terletak di Jalan Brigjen Katamo, Semarang.

Nama Bangkong diambil dari tempat pertama kali soto ini dibuat, yaitu di Perempatan Bangkong pada tahun 1950. Saat itu sang pembuat Soto Bangkong berjualan dengan cara berkelilin, hingga akhirnya memiliki kedai.

Satu porsi Soto Bangkong berisi suwiran atam, irisan tomat, tauge, bihun, serta dilengkapi dengan taburan daun bawang dan bawang goreng di atasnya. Anda bisa menikmatinya dengan atau tanpa nasi putih hangat. Anda juga bisa melengkapinya dengan memesan sate-satean, seperti sate puyuh.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.