Dapatkan Manfaat Bawang Putih Untuk Atasi Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal jenis bumbu seperti bawang putih? Tentunya semua orang tahu dan bisa membedakan antara bawang putih dan bawang merah. Bawang putih adalah spesies dalam genus bawang yaitu Allium, dan cara menanam bawang putih ini relatif muda.

Bawang putih memiliki nama ilmiah yaitu Allium sativum yang juga masih satu spesies dengan bawang merah, daun bawang, bawang cina, dan lokio. Kegunaan dari bawang putih ternyata memiliki banyak manfaat bawang putih yang tidak banyak diketahui masyarakat luas.

Sebagian besar masyarakat hanya mengetahui bawang putih sebagai bumbu masakan agar terasa lebih sedap dan nikmat. Padahal banyak sekali manfaat untuk mengatasi kesehatan dari satu buah bawang putih.

Salah satu bumbu masakan ini berasal dari Asia Tengah dan Iran Timur Laut yang memang manfaat bawang putih utamanya untuk memenuhi bumbu masakan di seluruh dunia.

Namun, saat ini selain bawang putih dijadikan sebagai bumbu seperti yang telah dijelaskan di atas, bawang putih juga baik untuk dikonsumsi demi mengatasi kesehatan tubuh. Pasalnya, bawang putih memiliki sifat obat yang memang dimiliki.

Penggunaan bawang putih sebagai obat telah didokumentasikan oleh beberapa peradaban besar yaitu seperti Romawi, Yunani, Mesir, Cina, dan Babilonia.

Apakah Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan?

manfaat bawang putih
pinterest.com

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan para ilmuwan menyatakan bawah manfaat kesehatan yang terdapat di dalam bawang putih berasal dari adanya senyawa belerang yang terbentuk saat bawang putih dikunyah, dihancurkan, dan dicincang.

Lalu, senyawa belerang tersebut bisa masuk ke dalam tubuh dengan melalui saluran pencernaan dan menyebarkan berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Beberapa macam manfaat bawang putih bagi kesehatan yaitu seperti:

1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Telah banyak orang yang mengetahui salah satu manfaat ini. Manfaat luar biasa dari bawang putih yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Melalui penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa terdapat suplemen yang terkandung di dalam bawang putih.

Selain itu, dampaknya juga memberikan peran positif yang signifikan untuk penurunan tekanan darah penderita hipertensi. Anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi bisa mengonsumsi bawang putih sejumlah 4 siung per harinya.

2. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat bawang putih selanjutnya yaitu mampu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Bahwa seperti yang banyak orang telah ketahui diabetes disebabkan oleh beberapa factor seperti kolesterol tinggi, obesitas, hipertensi, dan juga resistensi insulin.

Dengan mengonsumsi bawang putih bisa menurukan resistensi insulin dengan cara menghambat enzim yang memecah obat yang nantinya bisa mengganggu funsgi insulin tersebut.

manfaat bawang putih
amazonaws.com

3. Atasi Flu

Ekstra bawang putih yang sudah tua bisa meredakan pilek dan juga flu yang parah dengan meningkatkan sejumlah sel kekebalan tubuh. Selain itu, dengan meningkatkan aktivitas sel-sel imun pada tubuh, maka ekstra bawang putih juga bisa menurunkan jumlah protein inflamasi (sitokin).

Dari hasil penelitian juga mengatakan bahwa ekstra bawang putih yang telah dimatangkan, kemudian dikonsumsi setiap hari mampu menurunkan keparahan pilek dan flu sampai 61%.

4. Mencegah Hati Belemak

Penyakit hati berlemak bisa terjadi karena terlalu banyak lemak yang menumpuk pada sel-sel hati. Nah, dengan kandungan S-ally-mercapto cysteine (SAMC) dan juga antioksidan dalam bawang putih maka bisa mencegah terjadinya penimbunan lemak pada hati manusia. Selain itu, juga bisa menurunkan resiko cedera pada hati.

Jadi, sekarang Anda sudah paham tentang bagaimana manfaat bawang putih yang bisa membantu Anda dalam menyembuhkan penyakit. Coba lakukan beberapa cara untuk mendapatkan khasiat dari bawang putih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.