Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Buah alpukat banyak dikonsumsi karena memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Manfaat buah alpukat juga bagus untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi alpukat secara teratur dapat memberikan efek yang menyehatkan seperti berikut.

Manfaat Mengonsumsi Buah Alpukat

manfaat alpukat
sajadah.co

1. Sumber serat

Buah alpukat dapat menjadi sumber serat alami yang bagus untuk tubuh, terutama pencernaan. Menurut banyak ahli gizi, serat di dalam buah alpukat tergolong tinggi. Mengonsumsi jus alpukat secara rutin dapat memberikan serat yang cukup untuk tubuh.

Mencukupi kebutuhan serat tubuh merupakan hal penting untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. Kurang serat dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, stroke, serangan jantung, dan lain-lain.

2. Memperlancar pencernaan

Manfaat buah alpukat untuk tubuh lainnya adalah memperlancar metabolisme pencernaa tubuh. Jus alpukat yang dikonsumsi rutin akan memberikan asupan serat yang cukup untuk tubuh. Alpukat dapat dikonsumsi untuk mencegah penyakit atau masalah pencernaan seperti sembelit.

3. Detoksifikasi tubuh

Pembuangan racun atau detoksifikasi tubuh merupakan cara alami tubuh untuk melindungi sel-sel dari bahaya. Rutin mengonsumsi alpukat dapat membantu proses detoksifikasi tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih sehat, fit, dan bugar. Detoksifikasi ini juga penting untuk mengurangi efek buruk radikal bebas.

4. Menurunkan tingkat stres

Salah satu manfaat mengonsumsi alpukat adalah untuk mencegah kelebihan homosistesin di dalam tubuh. Kadar homosistesin yang terlalu banyak dapat menganggu produksi hormon lain dan menyebabkan stres. Mengonsumsi jus alpukat bisa membantu pikiran menjadi lebih tenang.

5. Mengatur tekanan darah

Alpukat dapat membantu mengontrol tekanan darah karena mengandung potasium dan folat yang cukup tinggi. Nutrisi tersebut berperang penting untuk mengatur tekanan darah dan membantu menghilangkan natrium dari tubuh melalui urine.

6. Menyehatkan mata

Alpukat merupakan salah satu antioksidan alami yang bagus untuk tubuh. Mengonsumsi jus alpukat dapat membantu penyerapan antioksidan dan menetralkan radikal bebas. Bahaya radikal bebas yang masuk ke tubuh dapat memicu masalah mata.

Mengonsumsi jus alpukat dapat membantu mencegah radikal bebas dan berbagai masalah kesehatan mata. Alpukat sangat baik untuk mencegah katarak, astigmatisme, dan glaukoma.

7. Mencegah batu ginjal

manfaat buah alpukat
hellosehat.com

Selanjutnya adalah kandungan potasium dalam alpukat yang dapat mencegah risiko penyakit batu ginjal. Nutrisi dalam alpukat terbukti dapat membantu mengurangi ekskresi kalsium dan mencegah pembentukan batu ginjal.

8. Mencegah osteoporosis

Manfaat buah alpukat lainnya adalah mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Alpukat bisa memberikan 25 persen kebutuhan vitamin K di dalam tubuh. Nutrisi tersebut berperan dalam pembentukan tulang. Alpukat juga dapat membantu proses penyerapan kalsium di dalam tubuh.

9. Menjaga kesehatan otot dan saraf

Kalium yang tinggi dalam buah alpukat memiliki manfaat untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh. Kalium juga memiliki peran penting untuk membantu metabolisme energi, menjaga fungsi saraf, dan menjaga aktivitas otot. Kalium dan natrium akan bekerja untuk mengirimkan sinyal listrik yang diperlukan saraf.

10. Mencegah kanker prostat

Jus alpukat dapat membantu mengurangi efek dari pengobatan kemoterapi, terutama pada limfosit manusia. Alpukat yang diekstraksi juga terbukti mampu menghambat pertumbuhan dari sel-sel penyebab kanker prostat. Walaupun penelitian terhadap manfaat ini masih terbatas, alpukat baik untuk menurunkan risiko kanker prostat.

Itulah beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi buah alpukat bisa dengan dibuat jus, tetapi dengan memperhatikan gula atau pemanis yang dimasukan. Kebanyakan orang mengonsumsi alpukat dengan tambahan pemanis yang justru menghilangkan manfaat dari buah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.