Manfaat Tomat

Tomat sering dijadikan perdebatan khalayak umum karena statusnya, apakah masuk ke dalam golongan sayur atau buah-buahan. Namun, sepertinya hal tersebut tidak bisa menepis fakta bahwa dalam tomat mengandung banyak zat yang bisa digunakan untuk menyehatkan tubuh serta perawatan kulit wajah.

Sama dengan buah strawberry,pisang, dan wortel, tomat juga memiliki kandungan vitamin A sebesar 3% dan menyumbangkan banyak folat serta kalium. Vitamin A, E juga C serta zat lain dalam tomat rupanya mampu dimanfaatkan sebagai komponen skincare seperti berikut:

Manfaat tomat untuk kulit wajah

Tomat memang memiliki kandungan mineral yang cukup banyak. Di samping itu, tekstur airnya juga lengket setelah mengering kalau dioleskan ke wajah. Namun, khasiatnya tidak perlu diragukan lagi, karena mampu mengatasi masalah:

1. Mengeringkan jerawat

Vitamin E dalam tomat mampu digunakan untuk mengahalangi datangnya jerawat oleh bakteri dan beberapa faktor lain. Selain itu juga ampuh digunakan untuk mengeringkan jerawat dengan cepat sebelum meradang dan jadi lebih besar. Buat kamu yang pengen punya wajah tanpa berjerawat, bisa nih tomat diiris tipis lalu tempelkan pada area yang dipenuhi jerawat.

2. Menghaluskan kulit

Selain mengeringkan jerawat, tomat juga mampu menghaluskan kulit melalui teknik scrubbing. Dalam proses scrubbing, kamu bisa mencampur tomat dengan oatmeal atau gula jagung. Biasanya setelah scrubbing, baik komedo maupun kotoran lain akan terangkat sehingga kulit tampak lebih halus dan bersih.

3. Mencerahkan wajah

Wajah cerah hanya dengan tomat? Mungkin banget! Bahkan  cara memutihkan kulit menggunakan tomat pun bisa dilakukan. Caranya sih nggak beda jauh dengan masker-masker lainnya, hanya saja kali ini memanfaatkan tomat yang diblender halus dan ditambah dengan susu kambing. Setelah itu oleskan ke muka dan diamkan beberapa menit.

4. Mengangkat komedo

Komedo juga bisa diangkat dengan tomat saja. Namun, kamu harus berhati-hati ketika menggosokkan kulit atau daging tomat ke permukaan kulit wajah, karena kalau luka bisa timbul perih yang diakibatkan vitamin C masuk ke dalam kulit.

Manfaat tomat untuk kesehatan

Jus tomat dan pizza mungkin jadi deretan makanan yang lebih terkenal ketimbang varian lain karena tidak pernah lepas dari tomat. Namun tahukah kamu kenapa tomat juga selalu dimasukkan ke dalam hidangan makanan berat? Sebab buah punya daya tahan yang cukup lama dan memberikan manfaat tak terduga bagi tubuh seperti:

1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan beta karoten mampu meningkatkan daya penglihatan mata serta menjaga agar terhindar dari degenerasi makula, yakni kondisi yang membuat mata tidak bisa diobati karena suatu faktor tertentu.

2. Menstabilkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi bisa dinormalkan menggunakan tomat. Tidak perlu cara khusus, yakni cukup memakan tomat yang telah dicuci bersih lalu biarkan tubuh beristirahat sejenak.

3. Mengurangi risiko kanker pankreas

Kandungan likopen dalam tomat sering jadi topik pembahasan oleh para peneliti dan para ahli ilmu pengetahuan karena rupanya mampu mengurangi risiko kanker pankreas yang biasa terjadi pada pria. Nah, buat kamu yang pengen terhindar dari kanker pankreas, bisa loh mengonsumsi tomat. But, ada tipsnya nih. Likopen akan sangat baik dikonsumsi kalau tomat dimasak terlebih dahulu. Jadi, kamu bisa menggunakan tomat sebagai teman makan nasi goreng, ayam, pizza, roti, dan sejenisnya.

baca juga:  cara menghilangkan bekas jerawat

Saat hendak mengonsumi atau menggunakan tomat, pilihlah tomat yang masih segar. Bahkan kalau bisa hindari memilih tomat yang sudah tersimpan lama di dalam lemari es. Sebaliknya, tomat yang baru diambil dari pohonnya atau usai terkena paparan sinar matahari jauh lebih baik.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.