Menara Pandang Banjarmasin, Ikon Kota Banjarmasin Paling Ngehits!

Dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di kota Banjarmasin, Menara Pandang sama sekali tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Dari lantai atas menara ini, kamu bisa melihat hamparan keindahan Kota Banjarmasin dari ketinggian. Makanya, tak mengherankan jika Menara Pandang yang berdiri pada tahun 2014 silam ini dianggap sebagai salah satu ikon kebanggaan Banjarmasin.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang tak hanya didesain bagi masyarakat yang datang dengan teman atau pasangan saja, melainkan juga untuk seluruh anggota keluarga. Jadi, tepatlah kiranya jika menara ini disebut sebagai destinasi wisata keluarga, yang cocok untuk semua usia.

Tak hanya melihat pemandangan saja, namun terdapat banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi Menara Pandang. Untuk mencapai tempat ini pun juga sangat mudah, kamu bisa menggunakan jasa transportasi yang tersedia di dalam kota Banjarmasin

Berburu Ragam Kuliner Menarik Khas Kota Banjarmasin

ikorean6.blogspot.com

Bagi kamu yang gemar berburu kuliner, maka Menara Pandang harus masuk dalam daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Area di sekitar Menara Pandang tak pernah sepi dari pedagang yang menjual beragam jenis makanan, terutama sekali yang khas dari Banjar. Pengunjung akan semakin memadati area sekitar menara ini menjelang sore dan malam hari, serta tatkala akhir pekan datang.

Tak hanya itu saja, tiap hari minggu, kamu bisa merasakan sensasi berburu kuliner di Pasar Terapung Siring Martapura. Keunikannya pasar ini tentu saja adalah semua barang dagangan dijual dari atas jukung atau perahu khas Banjar. Selain buah-buahan dan sayuran, kamu akan dengan mudah menemukan camilan khas Banjar seperti jagung besumap, lapat, putu mayang, dan buras.

Menanti Datangnya Senja dan Malam Hari di Atas Menara Pandang

disbudpar.banjarmasinkota.go_.id

Bagi kamu yang mengaku penikmat senja, sesekali coba rasakan sensasi menunggu sunset dari lantai atas Menara Pandang. Tinggi menara yang mencapai 21 meter, memudahkanmu untuk melihat proses terbenamnya matahari di ufuk barat. Kamu bisa memilih untuk menikmati pancaran jingga matahari dalam diam atau memilih untuk mengabadikan pemandangan yang indah tersebut.

Setelah senja berganti malam, kamu akan bisa menyaksikan gemerlap lampu warna-warni yang menghiasi taman di lokasi berdirinya Menara Pandang. Lampu yang terpancar dari banyaknya bangunan sekitar menara pun, akan makin menambah semaraknya malam hari. Jangan lupakan juga, kamu juga bisa melihat sorot lampu kendaraan yang melintasi jembatan Sungai Martapura.

Membeli Oleh-Oleh Khas Kota Banjarmasin

Bagi kamu yang bukan warga asli Banjarmasin dan hanya datang berlibur, bisa dengan mudah membeli oleh-oleh khas Banjarmasin di Menara Pandang. Beberapa ruangan yang ada di Menara Pandang, dimanfaatkan oleh UKM untuk menjual buah tangan khas dari Kota Seribu Sungai ini. Jadi, selain untuk menikmati pemandangan kota Banjarmasin, kamu bisa sekaligus berbelanja.

Oleh-oleh yang bisa kamu beli di sini beragam jenisnya, mulai dari makanan hingga pernak-pernik khas Banjarmasin. Kamu bisa membelikan makanan seperti dodol kandangan, rabuk ikan, dan kue rangai untuk keluarga di rumah. Selain makanan, beli juga barang seperti pakaian, selendang, tas, dompet, serta sprei yang dibuat khusus menggunakan kain Sasirangan, kain khas suku Banjar.

Pemandangan yang Disuguhkan dari Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang terletak di tepi Sungai Martapura, tepatnya di Jalan Kapten Pierre Tendean. Dari lantai atas menara, kamu bisa melihat pemandangan Kota Banjarmasin dari ketinggian tiap harinya. Untuk weekdays, Menara Pandang dibuka pukul 10 pagi hingga 9 malam. Pada hari Sabtu, menara dibuka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam, dan Minggu mulai pukul 8 pagi hingga 9 malam.

Bangunan Menara Pandang yang memiliki ketinggian 21 meter, memiliki total 4 lantai. Waktu yang tepat untuk mengunjungi menara ini adalah saat cuaca sedang cerah, sehingga pemandangan Kota Banjarmasin semakin terlihat jelas. Pada lantai teratas, areanya sengaja dibuat terbuka, sehingga pengunjung bisa bersantai sambil menikmati deretan pemandangan menarik berikut ini.

Pasar Terapung Banjarmasin

jalanjalanyuk.com

Jika kamu mengunjungi Menara Pandang di hari Minggu, maka kamu berkesempatan melihat gegap gempita proses belanja di Pasar Terapung Siring Martapura. Pasar Terapung Siring ini dibuka hanya pada hari Minggu, mulai pukul 7 pagi hingga 12 siang. Para penjual yang berdagang dengan menggunakan perahu, akan menepi ke pinggir sungai untuk berinteraksi dengan pembeli.

Nah, agar waktu santaimu lebih mengasyikkan, jangan lupa untuk membeli dagangan para penjual di pasar terapung ini dulu. Dagangan yang umumnya dijual berupa sayuran, buah-buahan, serta jajanan khas Banjar. Harganya pun relatif murah, hanya beberapa ribu rupiah saja. Jadi, sambil berbincang sekaligus menikmati pemandangan, perutmu pun tak akan teriak untuk minta makan.

Klotok yang Lalu Lalang Membawa Penumpang

jejakrekam.com

Saat berada di lantai atas menara, kamu bisa melihat kombinasi pemandangan berupa aliran Sungai Martapura, pepohonan, serta bangunan yang memadati kota. Klotok pun akan sering terlihat lalu-lalang mengarungi sungai ini. Mengingat menariknya pemandangan ini, tentu sayang rasanya jika tidak menjadikannya sebagai background fotomu. Hasilnya dijamin akan sangat instagramable!

Kubah dan Menara Masjid Raya Sabilal Muhtadin

instagram

Bagi kamu yang penasaran bagaimana pemandangan Masjid Raya Sabilal Muhtadin dari ketinggian, maka lihatlah dari lantai atas Menara Pandang. Masjid kebanggaan masyarakat Banjarmasin ini, didirikan di atas tanah yang dulunya berfungsi sebagai benteng. Menara tertinggi masjid ini memiliki tinggi 45 meter, sehingga akan kentara terlihat dari atas Menara Pandang.

Selain menaranya yang menjulang tinggi, kamu juga bisa dengan mudah melihat kubah masjid dengan arsitekturnya yang unik. Dari ketinggian, kamu akan bisa melihat kubah masjid yang didesain seperti tanggui, yaitu caping khas masyarakat Banjar. Kubah yang terbuat dari logam tembaga dengan warna keemasan ini, akan terlihat berkilauan saat terkena paparan sinar matahari.

Kepadatan Dermaga Klotok yang Membawa Penumpang

suarindonesia.com

Tepat di depan Menara Pandang, terdapat dermaga klotok yang digunakan oleh para wisatawan menikmati pemandangan Kota Banjarmasin dari bantaran Sungai Martapura. Nah, kamu bisa melihat bagaimana hiruk pikuknya penumpang, saat akan menaiki klotok tersebut. Biaya klotok ini cukup murah yaitu 10 ribu rupiah saja, bagi yang ingin berlayar dari menara ke Kampung Hijau.

Patung Bekantan Banjarmasin, Landmark Populer Kota Banjarmasin

blog.reservasi.com

Walau terletak agak jauh dari Menara Pandang, namun kamu tetap bisa melihat Patung Bekantan dari lantai atas menara ini. Patung Bekantan sendiri merupakan maskot dari Kota Banjarmasin. Inspirasi dari patung ini tentu saja adalah satwa endemik pulau Kalimantan, yaitu Bekantan. Tingginya yang mencapai 6.5 meter, benar-benar terlihat menjulang di tepian Sungai Martapura.

Pementasan Ragam Kesenian di Panggung Terapung

banjarmasinplus.web_.id

Berada di lantai atas Menara Pandang, memungkinkanmu untuk melihat dengan jelas ragam pementasan seni yang digelar di Panggung Terapung. Panggung Terapung ini disulap dari sebuah kapal tongkang yang berukuran cukup luas. Nah, jika kamu ingin menyaksikan pementasan seni di Panggung Terapung dari atas menara, ingat dengan baik tanggal pementasannya berlangsung.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.