Mengenal Komponen Sepeda Dan Fungsinya

Mengenal komponen sepeda – Bersepeda adalah olahraga yang sekarang ini banyak di gemari dari anak kecil sampai orang dewasa. Bagi kalian yang hobi bersepeda, mengenal komponen dan bagian-bagian sepeda serta kegunaannya akan banyak membantu anda.

Untuk membantu anda mengenali komponen sepeda. Berikut ini secara umum bagian-bagian dari sepeda.

1. Frame

mengenal bagian sepeda frame
bukalapak.comsepeda

Bagian sepeda yang satu ini merupakan bagian inti dari sepeda. Frame menyediakan titik untuk memasang berbagai bagian-bagian sepeda yang lainnya. Karena frame merupakan badan dari sepeda.

2. Stang / Handlebar

Stang sepeda untuk mengemudikan arah sepeda dan sebagai pegangan saat bersepeda. Ada beberapa tipe stang/handlebar, yang berbeda-beda bentuk dan juga fungsinya. Diantaranya sebagai berikut :

  • Dropbar.
  • Track.
  • Ergo / anatomic.
  • Drop-in.
  • Bullhorn.
  • Bullmoose.
  • Flat.
  • Riser dll.

3. Mengenal Komponen Sepeda Stem

stem

Stem adalah penghubung antara stang dengan badan sepeda yang terhubung melalui ujung fork  dikunci oleh headset. Stem berfungsi menahan fork (suspensi) depan sepeda agar tetap terikat ke rangka sepeda dan juga mengikat stang.

4. Sadle

Biasa kita sebut dengan nama sadel. Fungsinya ya apa lagi kalau bukan untuk tempat duduk pengendara sepeda.

5. Ban / Roda

Ban - Roda

Berfungsi sebagai media gerak dari sepeda. Biasanya memiliki jari-jari dan ukurannya berbeda tergantung dari keperluannya.

Untuk sepeda anak, tidak terdapat jari-jari yang terpasang pada bannya. Ukuran dari bannya juga sangat kecil dibandingkan sepeda yang pada umumnya.

Berbeda lagi dengan sepeda kuno yang dikenal dengan Velocipede. Ban bagian depannya besar, namun ban bagian belakangnya sangat kecil. 

6. Pedal

Pedal merupakan komponen untuk memutar Buttom Bracket dan crankset sehingga sepeda bisa bergerak (digerakan ketika kita mengayuh sepeda).

7. Bearing

 Bearing

Benda yang berfungsi untuk mengurangi gesekan sehingga putaran roda menjadi lebih loncer.

8. As Sepeda

As merupakan semacam batang yang berfungsi untuk menghubungkan roda ke sepeda. Dan juga berguna sebagai bearing ketika roda berputar. Terkadang juga berguna sebagi komponen dari suspensi. Seperti halnya as swing arm pivot.

9. Crankset & Chainring

 Crankset & Chainring

Chainring adalah gear depan pada sepeda, sedangkan crank merupakan tempat terpasangnya chainrings serta tempat dipasangnya pedal

10. Fork

Merupakan sebuah penyusun dari hal mekanis, yang menggabungkan frame sepeda ke roda depan dan juga handlebar.

11. Suspensi

 Suspensi

Biasa juga dikenal dengan nama shock absorber. Bagian ini berguna untuk mengurangi dampak benturan ketika bersepeda.

12. Rantai

Rantai berperan sebagai penyalur tenaga dari gear depan ke roda belakang sepeda.

13. Rim

 Rim

Rim atau yang biasa disebut velg merupakan bagian dari roda yang selalu berpasangan dengan ban dan juga biasa menjadi bagian dari mekanisme pengereman.

14. Spoke

Biasa disebut dengan jari-jari merupakan bagian dari ban.

15. Derailleur

Merupakan susunan dari tuas yang biasanya diaktifkan oleh kabel, yang menggerakkan rantai yang berada diantara sprocket ke atas susunan chainring.

16. Hub

Perangkat ini berfungsi agar roda dapat berputar dengan sempurna. Di dalamnya terdapat bearing atau bola besi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan sehingga putaran roda menjadi lebih loncer.

Hub berada pada roda depan, sedangkan yang barada di roda belakang disebut dengan freehub.

17. Seatpost

Bagian ini merupakan sebuah tiang yang menjadi tempat untuk memasang jok. Seatpost tempatnya ada di dalam frame, karena bagian ini berguna juga untuk mengatur ketinggian dari pengendaranya.

18. Spindle

Merupakan sebuah as dimana pedal berotasi.

19. Shifter

Bagian sepeda yang berfungsi sebagai pengontrol perpindahan gear.

Nah…!!! Itulah bagian-bagian dari sepeda secara umum. Sepeda tidak hanya terdiri dari bagian inti seperti diatas. Ada yang namanya aksesoris yang menjadi pelengkap pada sepeda. Ada banyak sekali pusat toko aksesoris dan komponen sepeda di kota Besar seperti Surabaya. Kalian pun bisa membeli via online melalui tokopedia atau bukalapak maupun dengan menitipkan paket melalui jasa-jasa travel surabaya ke kediri yang ada ke masing-masing kota tujuan.

Semoga artikel ini bisa membantu anda mengenal sepeda anda lebih baik lagi.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.