Ragam Festival yang Diadakan di Area Menara Pandang Banjarmasin

Banjarmasin sebagai ibukota provinsi Kalimantan Selatan memiliki banyak tempat yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Salah satunya yakni area  menara pandang yang dekat dengan kegiatan pasar terapung. Tak lengkap ke kota ini jika tak mengunjungi tempat ikonik ini.

Akan lebih terasa mengasyikkan, jika kamu datang ke Menara Pandang, saat ada festival atau acara yang diadakan di sana. Suasana di area menara pun akan terasa lebih meriah, serta dipenuhi oleh banyak orang. Beragam festival sering dihelat di Menara Pandang, terutama sekali festival budaya. Dengan begini, kamu bisa mempelajari lebih banyak mengenai budaya khas dari suku Banjar.

Banjarmasin Sasirangan Festival

kalselpos.com

Banjarmasin Sasirangan Festival merupakan salah satu event tahunan Banjarmasin, yang kerap kali menjadikan Menara Pandang sebagai salah satu lokasi acaranya. Pada helatan tahun ini saja, pembukaan event ini diadakan di Panggung Terapung, seberang Menara Pandang. Event ini terutama sekali diadakan untuk memperkenalkan kain khas Banjarmasin, yaitu kain Sasirangan.

Salah satu rangkaian event ini yang sangat menarik perhatian adalah parade kain Sasirangan, yang yang turut dimeriahkan oleh para penjual di pasar terapung. Kain Sasirangan berbagai motif dibentangkan di perahu mereka, lalu dibawa berlayar dari Siring Balai Kota Banjarmasin hingga ke Siring Menara Pandang. Bayangkan, betapa indahnya parade dilihat dari atas Menara Pandang.

Festival Budaya Wisata Banjarmasin Pasar Terapung

goodnewsfromindonesia.id

Kunjunganmu ke Menara Pandang akan semakin berkesan, jika bertepatan dengan diadakannya Festival Budaya Pasar Terapung. Berbeda dengan hari biasa, pada saat festival diadakan, setiap perahu di pasar terapung ini, akan dihias sedemikian rupa agar bisa memenangkan lomba. Nah, kapan lagi kamu bisa menyaksikan warna-warni perahu tradisional, kalau bukan di festival ini.

Selain lomba menghias jukung atau perahu ini, pengunjung juga akan dihibur dengan pertunjukan seni yang diadakan di Panggung Terapung. Kamu bisa menyaksikan persembahan tari-tari tradisional, serta permainan musik khas Banjar. Parade busana dan kain khas Banjar pun turut diadakan saat festival yang berpusat di Menara Pandang ini. Masih ragu untuk mengunjunginya?

Festival Jukung Hias

akurat.co

Selanjutnya, ada Festival Jukung Hias yang diadakan sebagai bentuk peringatan atas hari jadi kota Banjarmasin. Pada saat festival ini berlangsung, Menara Pandang turut dihias dengan lampu kelap-kelip beragam warna, untuk memeriahkan acara yang dihelat tepat di lokasi tersebut. Pembukaan Festival Jukung Hias tentu saja dipusatkan di Panggung Terapung, seberang Menara Pandang.

Pada festival ini, seluruh jukung atau perahu yang berpartisipasi akan dihias semeriah dan seindah mungkin. Uniknya, penilaian yang dilakukan atas jukung ini dilakukan baik pada pagi maupun malam hari. Pada pagi hari, juri akan menilai keindahan dari bentuk dan hiasan jukung. Penjurian di malam hari difokuskan kepada ragam lampu hias yang dipasang di jukung untuk meneranginya.

Jika kamu mengunjungi Menara Pandang tepat pada saat Festival Jukung Hias diselenggarakan, kamu akan terpesona dengan keindahan pemandangan yang disajikan. Kemeriahan festival terutama sekali akan terasa di malam hari, saat lampu-lampu yang menghiasi jukung, berpendar di permukaan Sungai Martapura. Pengalaman mengunjungi festival ini tak akan pernah terlupakan.

Tak lengkap rasanya mengunjungi Banjarmasin, tanpa mengunjungi ikon kotanya yang ngehits yaitu Menara Pandang. Berkunjung ke menari ini, akan menyuguhkan indahnya pemandangan kota dari ketinggian. Untuk masuk ke menara pun, kamu tak akan dipungut biaya sepeser pun. Jadi, tunggu apa lagi, segera masukkan Menara Pandang ke daftar destinasi wajibmu di Banjarmasin!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.