Mau ke Korea? Intip Rumah di Korea Selatan Ini

Rumah di Korea Selatan – Cukup banyak orang yang penasaran dengan bentuk rumah di Korea Selatan. Mereka pun pasti akan bertanya-tanya pada kerabat mereka yang pernah tinggal di Korea untuk tahu seperti apa bentuk rumah di Korea Selatan. Nah, berikut ini kami berikan beberapa jenis dari rumah yang bisa Anda tinggali di Korea Selatan.

Jenis Rumah di Korea Selatan

1. Dormitory

korean dormitory

Bagi yang berkuliah di Korea Selatan, dormitory atau gisuksa pasti akan menjadi pilihan pertama bagi para mahasiswa asing. Hampir seua universitas yang ada di Korea Selatan mempunyai fasilitas asrama bagi para mahasiswa asing ataupun yang berasal dari luar kota Seoul.

Pilihan kamarnya pun juga berbeda-beda, terganting kebijakan dari masing-masing kampus. Ada kampus yang menyediakan kamar untuk 2 orang, 4 orang, bahkan 6 orang sekaligus. Tiap dormitory pun berbeda-beda pula fasilitasnya. Ada yang menyediakan kamar mandi dalam dan juga ada kamar mandi yang harus share dengan penghuni dormitory lainnya.

Oh, ya bagi kamu yang ingin kuliah di korea tapi terkendala bahasa … kamu bisa belajar bahasa korea dasar di situs satriabajahitam. Cukup ketikan ‘korea’, di kolom pencariannya, ya. 🙂

2. Office-tel

korean officetel

Jenis rumah di Korea Selatan selanjutnya adalah office-tel. Jika Anda mempunyai budget berlebih maka Anda bisa menyewa office-tel. Office-tel ini sebenarnya mirip dengan apartemen studio. Jadi, kamar tidurnya hanya ada satu namun office-tel juga sudah ada kamar mandi, ruang tamu atau ruang tv, dan juga dapur.

Beberapa furniturenya pun juga sudah disediakan oleh pihak office-tel seperti kulkas, tempat tidur, mesin cuci, dan beberapa perlengkapan standar lainnya.  Office-tel ini juga sudah ada satpamnya jadi lebih aman pula untuk ditinggali. Namun harga sewa office-tel belum termasuk dengan biaya air, gas, listrik, dan maintenance fee.

3. Kost

korean kost

Karena office-tel terlalu mahal, maka ada pilihan lain yaitu kost atau goshiwon. Biasanya goshiwon menjadi pilihan para mahasiswa. Tempat ini biasanya berupa suatu gedung lalu tiap lantainya dipisah. Jadi, ada lantai khusus untuk penghuni wanita dan penghuni pria.

Namun sama seperti kost-kostan di Indonesia, ukuran kamarnya pun ada yang kecil dan ada yang besar. Ada yang 2×3 meter saja jadi benar-benar ngepas untuk kasur, meja, lemari, dan kamar mandi. Namun ada juga yang berukuran 3×3 sehingga sedikit lebih lega. Di goshiwon disediakan dapur bersama yang juga menyediakan nasi, telur, kimchi, dan ramyun.

4. Home stay

korean homestay

Hasukjib atau rumah kontrakan contohnya bisa Anda lihat di drama Reply 1994 atau Age of Youth. Untuk jenis rumah di Korea Selatan yang satu ini sebenarnya mirip dengan kost-kostan namun dalam bentuk rumah, bukan gedung. Jadi hasukjib atau rumah kontrakan ini bisa Anda tinggal bersama dengan teman-teman Anda dalam satu rumah.

Ada pula home stay yang menyediakan uang makan sehingga Anda bisa makan pagi dan malam dengan masakan yang dimasak oleh tukang masak disana. Namun ada juga yang tidak. Tapi tidak apa-apa karena Anda pun juga bisa memasak bersama teman.

5. Apartment

korean apartment

Banyak orang yang tinggal di apartment karena lahan di Korea terbatas. Apartment tentunya juga sudah tidak asing bagi Anda. Apartment tentumya berbeda-beda tergantung dari kemampuan penghuninya. Ada yang kecil dan ada yang merah. Harga apartmen lebih murah daripada harga rumah.

6. Rumah

korean house

Jenis yang satu ini adalah rumah di Korea Selatan yang termahal. Karena lahan di Korea sedikit sehingga harga tanah pun mahal. Jika Anda perhatikan di drama Korea, biasanya orang yang mempunyai rumah adalah orang-orang kaya. Namun ada juga orang biasa saja yang mempunyai rumah tpai rumahnya kecil dan letaknya pun juga tidak strategis.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.