4 Tips Tepat Memilih Rumah Idaman

Ketika anda memilih untuk membeli rumah yang sudah jadi, maka kriteria yang diberikan pasti sangat banyak. Namun jika membangun akan memakan waktu yang lama, dan anda harus mencari tanah untuk dibangun.

Pasalnya memilih rumah bisa jadi pekerjaan yang menyenangkan namun juga beresiko. Anda harus berhati-hati agar tidak salah langkah dan merasa menyesal telah memilih rumah tersebut

Untuk anda yang tidak ingin repot, sebenarnya perumahan bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Anda juga bisa memilih rumah di perkampungan atau rumah biasa saja. Namun harus perhatikan beberapa tips ini agar mendapatkan rumah idaman atau rumah yang sesuai:

1. Lokasi

rumah idaman masa kini
kompasiana.com

Pertama untuk memilih rumah idaman maka anda harus memilih lokasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Setiap orang pasti memilih lokasi yang berbeda-beda. Misalnya saja untuk anda yang bekerja dan memiliki mobilitas tinggi, jika tidak ada kendaraan pribadi pasti memilih rumah yang ada kemudahannya untuk akses transportasi seperti KRL ataupun LRT. Rumah ini bisa dikatakan idaman karena mudah dijangkau oleh anda.

Selain itu jika anda membutuhkan rumah yang bagus dan untuk tempat rileksasi atau jauh dari perkotaan. Maka anda pilih lokasi rumah yang ada di pedesaan. Cari yang tempatnya masih mudah dijangkau, karena yang terlalu jauh akan melelahkan perjalanan anda.

2. Lingkungan

desain rumah idaman

Selanjutnya tips memilih rumah idaman adalah lingkungan rumah. Terutama jika anda memiliki anak atau anggota keluarga yang masih muda, mereka membutuhkan lingkungan yang bagus untuk bermain dan juga bercengkrama dengan teman-teman lainnya.

Untuk rumah yang idaman tentu memiliki lingkungan yang asri dan sejuk, selain itu lingkungan rumah juga aman serta dipenuhi oleh orang-orang yang memiliki karakter baik. Usahakan untuk utamakan lingkungan rumah di prioritaskan.

3. Legalitas

Tips selanjutnya yang harus anda cari dalam rumah idaman adalah legalitas. Anda tidak inginkan ketika tinggal di rumah baru memiliki masalah legalitas dan terganggu status rumahnya. Untuk sekarang ini rumah yang memiliki status SHM (Sertifikat Hak Milik) dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan) lebih baik.

Untuk jenis Sertifikat Hak Milik atau SHM merupakan sertifikat yang kepemilikannya penuh seseorang atas satu lahan atau tanah Oen pemegang sertifikat. SHM merupakan bukti kepemilikan terkuat atas satu lahan dan bisa digunakan untuk mengajukan hal-hal bersifat resmi atau surat tersebut lulus hukum.

Sedangkan untuk anda yang memilih rumah dengan jenis legalitas hanya Sertifikat Hak Guna Bangunan atau SHGB adalah jenis sertifikat bagi para pemegang sertifikat yang hanya dapat memanfaatkan satu lahan untuk mendirikan bangunan atau keperluan lain dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

4. Harga Rumah

model rumah idaman
merdeka.com

Tips rumah idaman selanjutnya adalah harga rumah yang cocok dengan kondisi rumah dan selera anda. sebenarnya harga rumah murah juga tidak bisa dikatakan rumah idaman, jika kondisinya perlu banyak perbaikan dan renovasi.

Namun harga rumah yang dimaksud adalah sesuai dengan kondisi. Harga agak mahal namun kualitas rumah bagus dan juga masih sangat baik untuk ditempati, maka menjadi ideal dan normal.

Tips tambahan lainnya untuk anda yang ingin membeli rumah idaman yaitu keamanan lingkungan, sanitasi sekitar rumah yang harus diperhatikan. Jalanan atau parkir jika rumah hanya memiliki satu garasi dan juga yang paling terakhir adalah bentuk atau posisi rumah.

Biasanya jarang orang yang mau berada di ujung jalan atau ketika tikungan. Untuk itu saat membeli rumah dan mencari rumah idaman perhatikan juga poin lainnya.

Sumber: Hustopia.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.