Sejarah Ilmuwan Islam dan Hasil Temuannya

Islam masuk ke masa-masa dinasti yang menggunakan sistem pemerintahan monarki. Peradaban Islam pun semakin berkembang dan meninggalkan banyak peninggalan seperti dalam catatan sejarah ilmuwan Islam berikut.

Sejarah dan Peninggalan dari Ilmuwan Islam

sejarah tokoh islam
wisatanabawi.com

1. Ibn Sina

Ibn Sina atau dalam sejarah umum dikenal sebagai Avicenna merupakan salah satu ilmuwan yang menjadi tokoh penting dalam dunia kedokteran. Beliau lahir pada tahun 980 masehi atau 370 hijriyah di Uzbekistan, tepatnya di sebuah kota kecil bernama Afsyanah.

Beliau dikenal sebagai pribadi yang cerdas dan sudah mulai menghafal alquran di usia 5 tahun. Sejarah ilmuwan Islam ini dimulai pada saat beliau beruusia 16 tahun, Ibn Sina mulai mempelajari ilmu kedokteran. Kisah beliau mulai dikenal setelah berhasil menyembuhkan Nuh bin Masur.

Penghargaan kepada Ibn Sina pun diberikan dengan permintaan raja kepada beliau untuk tinggal di istana. Ibn Sina kemudian meminta izin untuk mengunjungi perpustakaan kuno yang menjadi tempatnya mulai mengenal ilmu agama dan kedokteran.

Tulisan beliau yang berjudul Al Qanun fii Thib merupakan peninggalan terbesar di dunia kedokteran. Peninggalan beliau inilah yang digunakan sebagai ilmu kedokteran modern selama lebih dari 10 abad.

2. Al Khawarizmi

Muhammad bin Musa Al Khawarismi merupakan seorang muslim asal Persia yang dikenal sebagai bapak aljabar. Beliau merupakan ahli matematika, geografi, astrologi, dan astronomi. Selain aljabar sejarah ilmuwan Islam yang menjadi peninggalan Al Khawarismi adalah ilmu falak yang ditulis dalam judul Zij Al Sindhind atau tabel astronomi.

Tulisan tersebut adalah berisi 37 simbol untuk kalkulasi kalender astronomi dan 116 kalnederial, astronomia, dan data astrogoial.

Ilmuwan Islam ini berhasil menemukan istilah algoritme yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Algoritma menjadi salah satu ilmu penting dan berpengaruh di bidang teknologi komputer. Berbagai karya tulis dari beliau antara lain Al Mukhtasa fi hisab, Al Jama Wal-tafrik, dan lain sebagainya.

3. Jabir Bin Hayyan

jabbir bin hayyan
muslimobsession.com

Penemuan Jabin Ibn Hayyan antra lain adalah asam klorida, asam sitrat, asam nitrat, asam asetat, teknik kristalisasi, dan teknik distilasi. Peninggalan beliau di bidang ilmu kimia lainnya adalah penemuan larutan aqua regia yang digunakan untuk melarutkan emas. Nama Jabir Bin Hayyan pun dikenal sebagai ahli kimia modern.

Nama beliau di dunia barat lebih dikenal sebagai Gebert. Penelitian beliau mengenai Alchemy sudah diterjemahkan dalam bahasa latin sejak abad pertengahan dan hingga sekarang masih digunakan oleh para ahli kimia Eropa.

4. Al Jazari

Sejarah ilmuwan Islam juga mencatatkan nama Al Jazari sebagai ahli mesin dan robot. Penemuan yang paling fenomenal ditulis dalam salah satu karyanya yang berjudul Fi Marifatil Hiyal al Hadasiiyah. Di dalam tulisan tersebut, Al Jazari memaparkan cara pembuatan teknologi ciptaannya sehingga orang lain yang membacanya dapat ikut mempraktikkan.

Nama beliau juga dikenal sebagai insinyur mesin dengan berbagai penemuan seperti mesin engkol, mesin pompa air, waterwheel, dan watermill. Al Jazari juga dikenal sebagai ilmuwan yang berhasil menciptakan jam. Beliau sudah membuat beragam model jam seperti jam lilin, jam air, dan jam portabel tenaga air.

Penemuan yang cukup fenomenal adalah piston yang merupakan sejenis mesin untuk menggerakan pompa air. Peninggalan beliau tidak hanya mesin, tetapi juga robot. Beliau menemukan automasi humanoid yang menjadi dasar pengembangan robot modern.

Itulah beberapa sejarah ilmuwan Islam dan peninggalannya untuk peradaban modern. Ilmu dan penemuan dari para ilmuwan Islam mempengaruhi banyak sektor kehidupan hingga sekarang.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.