Pentingnya Memahami Tujuan Hidup Manusia Untuk Menjadi Muslim Yang Lebih Baik

Tujuan Hidup Manusia – Pada kesempatan ini saya akan membahas satu pemahaman yang sudah kita pahami akan tetapi dibahas kembali (Rekontruksi) pemahaman seorang muslim terhadap Visi dan Misi kehidupan, bagaimana tuntunan Allah dan Rasul-Nya didalam kehidupan seorang muslim secara umum (Garis besar)

Kita semua telah memahami bahwa tujuan penciptaan kita di dunia ini.adalah beribadah kepada Allah swt. kita semua sudah menghafal dalilnya, Surah Ad-Dzariat : 56

Tidak ada perintah lain selain dari Allah Swt melainkan agar mereka semua mengikhlaskan Dien kepada Allah Swt. beribadah kepada Allah dengan mengikhlaskan Dien ini kepada-Nya, Ikhlas artinya melaksanakan sesuatu hanya untuk mendapatkan Ridha Allah Swt.

Dari sini kita dapat pahami bahwa Ridha Allah adalah Visi kehidupan. Visi kehidupan setiap muslim adalah menjadi hambah Allah yang diridhai oleh Allah Swt. mengapa? Oleh karena ridha Allah Swt sangat berpengaruh secara langsung pada bahagia tidaknya kehidupan kita, sangat berpengaruh pada mulia-hinanya kehidupan kita.

Kalau kita sudah memahami bahwa ridha Allah adalah Visi kehidupan, Visi kehidupan seorang muslim dan muslimah, maka ibadah misi kehidupan kita. Tugas hidup kita adalah beribadah kepada Allah swt berdasarkan ayat diatas.

Penjabaran Misi Tujuan Hidup Hidup Seorang Muslim

tujuan hidup manusia di dunia
mulierchile.com

Bagaimana kita terapkan slogan/motto jiwa raga kami hanya untuk Allah semata dalam kehidupan sehari-hari. Penjualan kita, bai’at kita kepada Allah Swt terhadap semua yang kita miliki melalui 5 bentuk ibadah besar yaitu:

1. Salamatul Aqidah

Kebenaran Aqidah, kelurusan aqidah kita keyakinan yang tidak bercampur dengan syirik. Oleh karena itu jika dalam keyakinan kita masih melakukan amalan-amalan untuk mendapatkan “Keluarbiasaan”, melakukan amalan supaya kebal, melakukan amalan agar bisa memukul orang dari jarak jauh adalah syirik, berarti aqidahnya belum murni,belum bersih, belum lurus sesuai dengan yang dikehendaki oleh Allah SWT. Ada banyak upaya untuk menyimpangkan aqidah umat islam. Ini wajib diwaspadai untuk SALAMATUL ÁQIDAH (keselamatan áqidah kita) terutama bagi generasi muda kita.

2. Sihhatul Ibadah

Keyakinan Ibadah, maksudnya Ibadah mahdhah Ibadah khusus, shalat kita, puasa kita, bersih dari bid’ah shalat kita, kita tunaikan dengan sempurna dan selalu meningkat. Kita berorientasi pada peningkatan Ibadah tiada henti, peningkatan Ibadah secara berkesinambungan. Tidak ada yang merasa puas dengan tingkat Ibadah yang sudah ia capai.

Demikian seorang muslim menyerahkan hidup-matinya kepada Allah, diaplikasinkan dalam bentuk Ibadah, rajin beribadah meningkat Ibadahnya, meningkat khusu’nya, bertambah dzikirnya, bertambah tilawahnya, demikian kita mengamalkan misi kehidupan kita untuk beribadah kepada Allah Swt. untuk apa? Untuk mendapatkan ridha Allah Swt.

3. Husnul Khuluq

tujuan hidupm seorqang muslim
theconversation.com

Akhlak yang mulia akhlak yang baik, akhlak yang mulia adalah tampilan depan kepribadian setiap muslim, keislaman seseorang dinilai dari akhlaknya, kepribadian seseorang dinilai dengan akhalaknya, tutur katanya dinilai dari tingkah lakunya. Akhlak mulia adalah syarat untuk mendapatkan ridha Allah Swt.

Kalau ahklak kita jelek Allah murka kepada kita, biar rajin bribadah , biar bagus aqidahnya, tapi ahklaknya jelek tiada diterimah Ibadahnya, tidak sah aqidahnya. Tanda kebenaran aqidah seseorang kalau ahklanya baik, tanda efektifitas aqidah seseorang kalau ahklaknya baik’. Dalam sebuah hadits yang panjang. Rasulullah Saw menutup haditsnya dengan ucapan :

Ahklak yang jelek merusak amal sebagaimana cuka merusak madu. Biar banyak amalnya kalau jelek ahklaknya rusak (Runtuh) amalnya. Ini penting untuk kita perhatikan bersama. Tidakmerasa cukup dengan ibadah makhdlah yang kita laksanakan, kita selalu berusaha memperbaiki akhlak kita.

4. Tazkiyatun Nafs (Pensucian Jiwa)

Penyucian jiwa penting, oleh karena kita di kotori oleh dosa kita. Setiap kali kita melakukan dosa, ada noda hitam di hati kita, setiap kali kita berdusta, ada noda hitam di hati kita setiap kali kita manipu, ada boda hitam di hati kita setiap kali kita melihat wanita di iringi dengan syahwat ada noda hitam di hati kita. Begitu juga sebaliknya.

Setiap kali kita melakukan dosa apa saja bertambah kotoran di hati kita, kotoran ini menghalangi kita memperbaiki akhlaq, kotoran di hati kita membuat kita malas belajar, kotoran di hati kita membuat kita malas pengajian, kenapa?

karena ada kotoran di dalam hati, oitu yang membuat kita malas melakukan amal shaleh. Makanya kotoran itu harus dibersihkan kala tidak dibersihkan bisa menjadi penyakit, membuat oenyakit hati. Membuat hati kita jadi sakit, kenapa? karena kotoran-kotoran bertumpuk dan tidak dibersihkan “Tazkiyatun Nafs” adalah a’mal qalbiyah atau ibadah qalbiyah / Ibadah hati.

Akhlaq adalah tampilan depan kepribadian seorang muslim. Jadi walaupun rajin beribadah, dahinya hitam karena banyak sujud, kalau akhlaqnya tidak baik hatinya kotor, tidak selamat.

5. Da’wah dan Jihad

Da’wah dan Jihad adalah kewajiban da’wah dan jihad adalah dua point yang menyatu, tak ada da’wah tanpa jihad – tidak ada jihad tanpa da’wah, da’wah dan jihad adala kewajiban setiap muslim. Fardhu Áin setiap muslim untuk berda’wah, fardhu áin setiap muslim untuk berjihad.

Dakwah yang dimaksud di sini ialah ajakan kepada manusia agar mengerjakan kebaikan dan menjauhi kemungkaran, baik yang disampaikan kepada pribadi seseorang secara langsung ataupun yang disampaikan dalam forum dalam bentuk ceramah atau kultum singkat.

Dalilnya Allah berfirman:

أدع إلى سبيل ربك بالحكمة ….

“Ajaklah kepada jalan tuhanmu dengan bijaksana”

Ada banyak dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah yang menjelaskan akan wajibnya berdakwah bagi setiap muslim. Dalam yang dimaksud di sini ialah dakwah dalam arti yang luas. Bisa berupa ceramah dari satu tempat ke tempat yang lain. Menyampaikan kultum singkat. Menegur orang yang melakukan kemungkaran. Atau menunjukkan akhlak dan perilaku yang baik kepada orang. Semua itu termasuk bagian dari dakwah. Semoga bermanfaat dan selamat berjaung menjadi mukmin sejati.

by: https://alfidy.com

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *