Unsur Menarik dalam Biografi John Howard 

Biografi memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pembacanya. Banyak pelajaran dapat diambil dari kisah seorang tokoh yang ditulis oleh orang lain ini. Cerita dalam biografi John Howard ini juga tidak kalah menarik dengan lainnya.

John Howard merupakan Perdana Menteri Australia dengan jabatan terlama kedua setelah Sir Robert Menzies pada 11 Maret 1996 hingga 3 Desember 2007. Selain itu, ia juga merupakan ketua Partai Liberal pada tahun 1995 hingga 2007.

Kelahiran John Howard

Image Source: akamaihd.net

John Howard lahir dengan nama lengkap John Witson Howard pada tanggal 26 Juli 1969 di Sidney, Australia. Ibunya bernama Mona Howard. Sedangkan Ayahnya adalah Lyall Howard yang juga merupakan veteran perang dunia.

Ketika John Howard besar di kota kelahirannya tahun 1940 hingga 1950, permusuhan yang terjadi antara kelompok gereja Protestan dan Katholik sedang gencar. Keunikan biografi John Howard ini walaupun keluarga besar John adalah pro-Protestan, namun Ibunya selalu mengajarkan toleransi.

 

Pendidikan John Howard

Selain lahir dan dibesarkan di Sidney, John Howard juga menempuh pendidikan di kota tersebut. Ia mengawali pendidikannya di Earlwood Primary di Sidney, kemudian melanjutkan ke Canterbury Boys High di kota yang masih sama.

 

Setelah lulus dari bangku sekolah, ia meneruskan studinya di The University of Sidney. John Howard lulus dari bangku perkuliahan pada tahun 1961 sebagai Sarjana Hukum dengan hasil yang cukup memuaskan.

 

Karier Politik Dalam Partai Liberal

John Howard mulai memasuki dunia perpolitikan pada tahu 1957 dengan bergabung partai Liberal. Disitu, ia memperoleh suatu kesempatan untuk menduduki posisi ketua organisasi pemuda dari partai Liberal yaitu Young Liberal selama dua tahun dari 1962 hingga 1964.

 

Kemudian pemilu federal yang dilaksanakan pada tahun 1963, berkat campur tangan dari John Howard yang menjadi manager kampanye berhasil memenangkan Tom Hughes dengan mengalahkan partai Buruh yang telah mendominasi selama 20 tahun.

 

Sedangkan pada tahun 1968, John Howard diajukan untuk menjadi anggota dewan dari Drummoyne namun ia kalah suara tipis dari pesaing utamanya. Setelah itu, tahun 1974 ia mencoba lagi pada pemilu dan berhasil mendapat di parlemen sebagai DPR Australia.

 

Karier Menjadi Perdana Menteri

Perjalanan John Howard dalam dunia politik terus berjalan hingga pada tahun 1996, ia berhasil memenangi pemilu dan disumpah untuk menjadi perdana menteri Australia. Selama masa jabatannya, ia banyak melakukan hal-hal baik tentang toleransi yang diajarkan oleh sang ibunya,

 

Dalam biografi John Howard tercatat bahwa, John Howard menjadi perdana menteri Australia selama 20 tahun lebih. Ia gagal dalam mempertahankan jabatan perdana menteri Australia pada tahun 2007. Namun dalam 20 tahun pemerintahannya, Australia mengalami perkembangan pesat.

 

Keluarga John Howard

John Howard mempunyai seorang istri yang bernama Janette Howard. Mereka menikah pada tahun 1971 silam. Profesi dari seorang Janette Howard adalah profesor dan juga pengajar di suatu Universitas di Australia.

 

Dari pernikahannya dengan Janette Howard, John Howard mempunyai tiga orang anak. Anak pertamanya yaitu seorang perempuan bernama Melanie Howard yang lahir tahun 1974. Kemudian disusul oleh Tim Howard yang lahir tahun 1977, dan Richard Howard yang lahir di tahun 1980.

 

Itulah sepenggal kisah mengenai biografi John Howard. Banyak hal menarik dan tentunya dapat menjadi pelajaran bagi generasi penerusnya. Salah satu pelajaran sangat penting yang dapat diambil dari kisah John Howard adalah toleransi dalam hal apapun antar umat manusia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.